SABANG – saat ini Gampong-gampong merupakan prioritas pembangunan,dana yang yang diberikan baik itu dari pemerintahan pusat maupun kabupaten/kota rata-rata angkanya cukup besar.namun dengan besarnya dana yang diberikan ada yang menjadi kendala,yaitu masih banyaknya perangkat Gampong  yang belum memahami cara mengelola atau  mengalokasikan dana tersebut.

menyikapi Hal ini Sat Binmas Polres Sabang yang langsung dipimpin oleh kasat Binmas AKP Samsir, S.H langsung terjun ke kantor-kantor keuchik dan Camat yang berada dikota sabang guna mensosialisasikan tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) yang telah dibentuk dikota sabang.

menurut Kasat Binmas jika pengelolaan keuangan tidak segera disikapi, hal tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan implikasi hukum dikemudian hari.

“Saya yakin para perangkat Gampong tidak ada yang berniat membuat kesalahan, namun karena kurangnya pemahaman bisa saja terjadi kesalahan. Apalagi dengan dibentuknya Satgas Saber Pungli yang akan turun melakukan pengawasan” tambah Kasat Binmas.

kasat Binmas juga menghimbau agar perangkat Gampong tidak lagi mengharap pamrih saat menjalankan tugas dan tidak meminta imbalan sesuai dengan yang telah ditentukan,karena itu sudah melanggar hukum.

“nantinya setelah sosialisasi kepada perangkat Gampong,kita akan memberikan sosialisasi juga kepada badan-badan pemerintahan yang melakukan pelayanan publik dikota sabang,Jangan ada pungutan-pungutan yang bisa merugikan masyarakat, rubah mindset dalam memberikan pelayanan. Jangan baru ada uang baru pelayanannya cepat, jangan sampai terkena masalah nantinya” ujar kasat binmas.

lebih lanjut Kasat Binmas juga menerangkan, banyak bidang yang bisa menjadi sumber pungli seperti pengurusan E-KTP, Akta2, perizinan, dan pembuatan sertifikat baru.

“mudah-mudahan dikota sabang ini tidak ada yang melakukan pungli,apabila kedapatan maka sudah menjadi resiko sendiri nantinya.Bagi Masyarakat yang menemukan,mengetahui atau mengalami pungli dimohon segera laporkan ke bagian saber pungli kota sabang, bisa melalui email : saberpunglisabang@gmail.com atau sms/telpon ke nomor 0812 1711 2015 dan 0852 6059 9429” tambah kasat Binmas.

 

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here