TRIBRATANEWSSABANG – Kamis (15/02/2018) pukul 09.30 WIB  bertempat di aula Dinas Pendidikan Gp. Ie melee kec. Sukajaya Kota Sabang, Wakapolres Sabang KOMPOL Taupik Rahman, S.H. bersama Kasat Binmas Polres Sabang AKP Samsir, S.H. mengikuti kegiatan Sosialisasi Pemberantasan Pungutan Liar dengan Tema Kita Wujudkan Kota Sabang Sebagai Kota Wisata Islami melalui Pemberantasan Pungutan Liar di Kota Sabang

Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :
1. Waka Polres Sabang an. KOMPOL Taufik Rahman. S.H.
2. Kasat Binmas Polres Sabang an. AKP Samsir S.H.
3. Sekretaris inspektorat an. Agusman
4. Perwakilan Dinas pendidikan kasi tindik an. Afid.
5. Perwakilan kejaksaan an. Mawardi S.H.
6. Seluruh kepala sekolah tingkat SD, MIN, SMP, MTSM se-kota sabang.
Sambutan dari Ketua UPP Pemko Sabang KOMPOL Taupik Rahman, S.H. :
Terima kasih saya ucapkan atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan beberapa hal tentang sosialisasi saber pungli ini agar kepada pelayan publik tidak adanya melakukan pungli dan semoga atas jabatan yang diberikan kepada kita ini dapat sama-sama kita menjaganya dan juga mencegah kegiatan pungutan liar.
Wakapolres Sabang KOMPOL Taupik Rahman, S.H. juga mengatakan ” – Saber Pungli adalah program pemerintah Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, dan Tim Saber pungli adalah salah satu bagian kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum. ” – tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi saber pungli di atas ialah untuk mensosialisasiakan kepada para kepala sekolah di kota sabang supaya dapat mencegah dan tidak melakukan pungli dalam segala bidang belajar mengajar. ” – Apabila tidak dilaksanakannya kegiatan sosialisasi saber pungli terhadap kepala sekolah di kota sabang tidak menutup kemungkinan kepala sekolah tersebut melakukan pungli pada saat penerimaan siswa baru dan lainnya.
Arahan Kasat Binmas AKP Samsir S.H. :
a. Menjelaskan tentang visi dan misi satgas saber Visi Satgas Saber Pungli ini yaitu terwujudnya pelayanan publik pada semua instansi Pemerintah Daerah Provinsi Aceh yang terbebas dari pungutan liar.
b. Menjelaskan Misi Satgas Saber Pungli yaitu membangun sistem pemberantasan Pungli, membangun sistem pengumpulan, pengolahan, penyajian data dan informasi dari isntansi Pemerintah serta pihak lain yang terkait dengan menggunakan Teknologi Informasi, serta membangun budaya anti Pungli.
c. Untuk Tugas saber pungli melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien secara optimal pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana baik yang berada di kementrian lembaga maupun pemerintah daerah.
d. Menjelaskan tentang Pungli ialah pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada pungutan biaya dikenakan atau di pungut dilokasi atau pada saat kegiatan tidak sesuai ketentuan sehingga dapat diartikan sebagi kegiatan memungut biaya atau memerinta uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal tersebut merupakan sebuah praktek kejahatan atau perbuatan pidana
Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para guru tidak salah langkah dalam mengambil kebijakan penarikan dana kegiatan belajar mengajar dan mengetahui batasan-batasan penarikan dana kegiatan belajar mengajar siswa yang tidak melanggar hukum.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here