TRIBRATANEWSSABANG – Selasa (24/04/2018) sekira pukul 09.20 WIB bertempat di aula Dhira Brata Polres Sabang telah dilaksanakan sosialisasi kesehatan tentang kanker tumor dan diabetes disertai melakukan praktek pemeriksa darah dan gula, yang di buka langsung oleh Wakapolres Sabang KOMPOL Taupik Rahman, S.H. dan dihadiri oleh seluruh personel Polres sabang yang terlibat sprint.

Berikut arahan waka Kapolres Sabang KOMPOL Taupik Rahman, S.I.K., Yang pertama dan paling utama marilah kita sama-sama bersyukur kehadirat Allah SWT dan shalawat beriring salam kita sanjung sajikan ke haribaan nabi besar Muhammad SAW dan Selamat datang petugas dari yayasan praktisi kesehatan Indonesia di mako Polres sabang didalam ilmu kesehatan yaitu lebih baik kita mencegah dari pada mengobati dan kami harapkan dengan adanya pengecekan dan sosialisasi ini kita dapat sama-sama mengetahui tentang penyakit berbahaya dan tata cara pencegahannya oleh karena itu mari sama-sama kita mendengarkan sosialisasi ini dengan sebaiknya.

Adapun Petugas Yayasan praktisi kesehatan Indonesia Sebagai berikut :

1. Lasmidani motivator.
2. Afriana harahap SE.
3. Amd keb hayati.
4. Rara.

Paparan, Arahan dari Motivator yayasan praktisi kesehatan Indonesia an. IBU Lasmida tentang tumor kanker dan diabetes :

a. Diabetes.

1. Diabetes mellitus atau kencing manis merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kelainan metabolik akibat dari kurangnya produksi insulin oleh pankreas atau bisa juga karena kurangnya respon tubuh terhadap insulin.

2. Jika kita telah terkena penyakit diabetes atau gula manis inilah yang kita alami seumur hidup kita.

3. Apa Saja Gejala Diabetes Gejala utama :
– Perasaan sangat haus yang disebut polidipsia
– Peningkatan buang air kecil, terkadang terjadi setiap jam, disebut poliuria
– Penurunan berat badan yang tidak jelas dan Kelelahan

4. Tata cara mencegah diabetes :
– Mengetahui penyebab diabetes ke dokter
– Kurangi makan lemak
– Kurangi manis
– Kurangi rokok
– Rajin olahraga
– Jauhin stres
– Istirahat secukupnya

b.  Kanker

1. Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

2. Cara mencegahnya :
– Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual
– Hindari kebiasaan merokok, Bagi perokok berhenti merokok
– Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress
– Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.

c. Tumor

1. Tumor atau barah (bahasa Inggris: tumor, tumour) adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak. Tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti “bengkak”. Pertumbuhannya dapat digolongkan sebagai ganas (malignan) atau jinak (benign).

2. Gejala-gejala Tumor Tumor dapat menyebabkan berbagai gejala. Beberapa gejala dan tanda klinis umumnya bisa berupa Sering merasa tidak sehat Merasa sangat lelah. Demam dan menggigil Tidak nafsu makan Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas Berkeringat pada malam hari.

3. Cara mencegahnya :
– Kurangi rokok
– Makan makanan sehat
– Olah raga secara teratur
– Menjalani vaksinasi yang dibutuhkan untuk mencegah kanker.

Kegiatan selesai sekitar pukul 10.31 WIB dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kadar gula dan darah personil Polres sabang.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here