TRIBRATANEWSSABANG – Rabu (11/04/2018) pukul 09.00 wib, bertempat di Aula Dhira Brata Polres Sabang telah dilaksanakan FGD dan kegiatan sosialisasi oleh Sat Bimas Polres Sabang terhadap Perangkat Desa dan Tim pendamping Desa diwilayah Sabang dalam rangka Pencegahan, Pengawasan, Pengawalan dan Penanganan Permasalahan dana Desa di wilayah Sabang yang di buka oleh Kapolres Sabang yang diwakili oleh Wakapolres Sabang KOMPOL Taupik Rahman, S.H.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu sbb:

1. Wakapolres KOMPOL Taupik Rahman, S.H., Kasat Binmas AKP Samsir, S.H.
2. Seluruh BhabinKamtibmas di wilayah Polres Sabang.
3. Tim Pendamping Desa wilayah Sabang
4. Seluruh Keucik Gampong dan bendahara yang ada di wilayah Sabang.

Adapun penyampaian dari Kasat Binmas AKP Samsir, S.H.  sbb:

– Ucapan terimakasih kepada seluruh perangkat Desa yang sudah bersedia menghadiri kegiatan ini, karna ini merupakan salah satu dampak positif dalam pembangunan Desa-desa diwilayah Sabang lebih maju lagi.

– Pada kesempatan ini kita sama-sama berkompromi dan membahas bagaimana memanfaatkan dan mengelola dana desa yang telah di berikan pemerintah pusat sehingga tidak terjadinya kesalahan dan ketimpangan dalam pelaksanaan pembangunan di Desa.

– Adapun peran Bhabinkamtibmas dalam pengololaan dana desa sebagai Pendampingan, pengawalan dan pengamanan yang mana harus selalu di sertakan apa bila ada kegiatan mengenai penggunaan dana desa dan harus selalu sinergi dengan tiga pilar yang terdiri dari keucik, Bhabinkamtibmas dan Babinsa atau musyhawarah di Desa.

– Apabila ada laporan dari masyarakat terdapat kekeliruan atau pelanggaran yang dilakukan perangkat desa dalam pengelolaan Anggaran dana Desa kepada POLRI maka POLRI akan melakukan koordinasi dengan APIP Selanjutnya APIP akan melakukan Penyelidikan dan akan menegur pengelola dana desa untuk segera memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. apabila keucik tidak menanggapi apa yang di sampaikan APIP maka APIP akan membuat rekomendasi kepada POLRI tentang adanya tindak pidana dalam pengelolaan dana desa.

 Adapun Penyampaian dari Katim Pendamping Desa A.n Arda Billy Sbb:

– Diharap kan kepada seluruh Perangkat Desa agar benar-benar bisa memanfaatkan dan mempertanggung jawabkan Dana desa yang telah di berikan oleh pemerintah untuk mensejahterakan daerah.

– Kami dari Tim Pendamping desa siap membantu para perangkat desa dalam pembaguna Desa dan apabila ada terjadi permasalah mengenai Anggaran desa agar terlebih dahula di laporkan ke pihak Pendamping desa karna akan kita musyawarahkan terlebih dahulu dan kami lakukan penyelidikan jika memang terbukti melanggar hukum kami akan mengeluarkan rekom untuk diproses oleh pihak berwajib.

– Dalam kegiatan pembagunan desa agar para perangkat desa tidak membeda-bedakan diantara masyarakat dan family dalam kegitan apapun di Desa guna untuk mengantisipasi terjadinya kecemburuan sosial di lingkungan masyarakat.

E. Sesi tanyajawan dan penutupan oleh AKP Samsir, S.H. kegitan berakhir pada pukul 11.30 wib, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan lancar dan tertip.

Catatan:

– Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk mengatisipasi terjadinya penyelewengan anggaran desa dan Pungli di kalangan masyarakat/pengelola anggara Dana desa.

– Apabila terjadi permasalahan mengenai Anggaran desa Polisi tidak bisa langsung menyelidiki sebemlm Tim pendamping Desa menyelidiki dan mengeluarkan rekom untuk diproses hukum.

Demikian yang dapat di laporkan.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here