TRIBRATANEWSSABANG – 

Pada hari Kamis tanggal 13 September 2018 sekira pukul 09.20 Wib bertempat di Warung Kopi Rumoh Kaye Gampong Kuta Timu Kecamatan Sukakarya Sabang telah dilaksanakan kegiatan Deklarasi Pemilu Aman dan Sejuk Pemilihan Anggota Legislatif Dan Presiden Republik Indonesia Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Polres Sabang.

B. Turut hadir dalam giat tersebut:

1. Walikota Sabang a.n. Nazaruddin.
2. Ketua DPRK Sabang a.n. M. Nasir.
3. Kapolres Sabang a.n. Akbp Syahrul, S.I.K.
4. Dandim 0112/Sabang a.n. Letkol Czi Kholid Firdaus.
5. Kadis Ops Lanud Mus Sabang a.n. Mayor Lek Bambang Aji.
6. Mewakili Danlanal Sabang.
7. Ketua Pengadilan Negeri Sabang/mewakili.
8. Ketua PWI Sabang a.n. Hendra.
9. Ketua MAA Kota Sabang.
10. Ketua Forum Keuchik se Kota Sabang a.n. Adnan Hasyim.
11. Para ketua Partai Politik se Kota Sabang
12. Para Perwira Polres Sabang.
13. Para tamu undangan lebih kurang 80 orang.

C. Kata sambutan Walikota Sabang.

1. Terima kasih kepada hadirin undangan sekalian karena telah hadir dalam kegiatan deklarasi pemilu damai yang dilakukan oleh polres Sabang.

2. Saya atas nama pimpinan daerah Kota Sabang, mengajak kepada kita semua untuk menciptakan pemilu yang sejuk, kepala boleh panas tapi hati jangan karena kita Kota Sabang kota yang kecil dimanapun kita pasti akan berjumpa.

3. Apabila nanti kita ribut dalam pemilu nanti, kita akan malu kepada para pendahulu kita yang mana sudah membuat sabang aman dalam segala hal.

D. Penyampaian dari unsur forkopimda dan para ketua partai:

1. Pengampaian dari sekretaris Partai Demokrat.

a. Hanya meminta kepada panwaslih tolong betul-betul di jaga pengawasan nya harus tegas dalam mengambil keputusan

b. Kepada pihak KIP selaku penyelenggara sarannya ialah harus sering melakukan sosialisasi pemilu kepada masyarakat agar masyarakat mengerti apa-apa saja yang dapat dikatakan pelanggaran dalam pemilu.

2. Penyampaian dari Ketua forum keuchik se Kota Sabang a.n. Adnan Hasyim:

a. Saya sebagai ketua Forum Keuchik se Kota Sabang beserta para keuchik se Kota Sabang sudah komit dan siap membuat pemilu aman damai dan sejuk pada tahun 2019 di Kota Sabang.

b. Menurut informasi dilapangan untuk DPT (Daftar Pemilihan Tetap) di Kota Sabang belum valid dikarenakan masih ditemukan nya DPT yang ganda seperti belum dikeluarkan nya nama DPT yang telah meninggal.

c. Marilah kita sama-sama menjaga keamanan Kota Sabang, jangan lah sampai membuat kita terpecah belah dan bagi para calon naiknya dengan cara yang benar.

3. Penyampaian dari Ketua Partai Bulan Bintang (PBB).

a. Supaya diskusi ini berjalan lancar kita harapkan bersama kepada bapak Kapolres Sabang untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada kami selaku pengurus partai agar mengetahui apa-apa saja yang dapat menyalahi aturan dalam berpemilu nantinya.

b. Diharapkan kepada unsur forkopimda dan pihak keamanan agar menempatkan diri sesuai dengan posisinya jangan ada yang berkepihakan apabila hal itu dilakukan pasti akan tercipta pemilu yang aman damai dan sejuk.

c. Diharapka kepada para petugas keamanan agar membuat masyarakat aman jasmani dan rohani sehingga masyarakat pada saat melakukan pemilihan menjadi terjaga.

4. Penyampaian dari Ketua MAA Kota Sabang:

a. Saya selaku ketua MAA Kota Sabang akan berbicara sesuai dengan adat.

b. Kita ketahui bersama harga barang-barang naik akan tetapi harga fitnah yang turun dan ini lah yang menjadi permasalahan karena seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan dan jangan sampai hanya karena pemilu ini kita fitnah orang-orang hanya untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan suatu kelompok.

c. Perlu kita pahami bersama barang siapa yang memberikan uang dan menerima uang dalam kasus money politik maka haram hukumnya baik penerima dan pemberi akan berdosa.

5. Penyampaian dari Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

a. Didalam berpolitik, pasti para pengurus partai mempunyai gaya masing-masing untuk memenangkan dalam pemilu.

b. Didalam berpolitik juga ada istilah yang mengatakan kalau ada cara jalan pintas buat apa mencari jalan yang lama dan kami juga sangat menghormati perbedaan perbedaan dalam gaya tersebut akan tetapi jangan sampai melakukan kecurangan dalam pemilu yang mana dampak nya dapat membuat suatu permusuhan.

c. Kita harus saling menghargai jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan momen kegaduhan diantara kita untuk kepentingan oknum tersebut.

d. Allah tidak akan menguji suatu umatnya lebih dari batas kemampuan umat itu sendiri dan hal ini lah yang kami alami pada saat sekarang ini dan mudah-mudahan ujian kami ini dapat dilalui dengan baik.

e. Ada caleg yang maju, ada caleg yang mundur itu merupakan suatu dinamika politik dan saya sangat setuju dengan ketua partai PBB yang mengatakan letak kan lah posisi kita pada tempatnya niscaya dengan hal seperti itu kita akan membuat pemilu damai aman dan sejuk.

6. Penyampaian dari Anggota PWI Sabang a.n. Jalalluddin:

a. Tugas kami disini ialah sebagai penyampaian publikasi dan kami mengharapkan kepada para penyelenggara Pemilu seperiti KIP dan Panwasluh apabila ada kegiatan dilapangan tolong memberitahukan kepada kami sehingga kami dapat menyampaikan nya kepada masyarakat melalui media baik media elektronik,media sosial maupun media cetak.

b. Mari kita bekerja sama dengan baik sehingga kita mendapat pemimpin yang baik juga.

7. Penyampaian dari Partai Amanat Nasional:

a. Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pihak keamanan dalam hal ini Polres Sabang yang telah berperan aktif sehingga dapat membuat kegiatan deklarasi pemilu aman damai dan sejuk pada tahun 2019.

b. Saya ingin menanyakan kepada bapak Kapolres Sabang tentang intimidadi dan apa hukuman nya terhadap okum yang melakukan perbuatan tersebut kepada masyarakat yang mana menurut saya perbuatan seperti itu sering terjadi pada saat dilakukan nya ajang demokrasi.

8. Penyampaian dari pihak Panwaslu Sabang:

a. Kami sudah menyampaikan kepada para anggota panwascam bahwasanya pada tanggal 23 September 2018 telah memasuki tahapan pemilu dan untuk itu kami sebagai tim pengawas dan penindakan akan bekerja secara maksimal.

b. Mengajak kepada seluruh pimpinan yang ada di Kota Sabang untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, jangan kasi informasi hoax kepada masyarakat, hindari politik uang dan Politik black campaign (Kampanye Hitam) yang mana cara-cara tersebut dapat memecah belah pemersatu bangsa.

9. Penyampaian dari Ketua Pengadilan Negeri Sabang:

a. Kita ketahui bersama pemilu dilakukan pada setiap 5 (Lima) tahun sekali dan apabila dalam setiap pemilu ada permasalahan segera ditindak lanjuti dan secepat mungkin diselesaikan agar nantinya permasalahan tersebut tidak melebar kemana mana.

b. Kalau kita berbicara proses hukum dalam permasalahan pemilu apabila ada kasus tidak ada bandinh langsung di kasasi 1 bulan sudah ada putusan bukan seperti kasus tindak pidana banyak proses yang dijalani sebelum putusan.

10. Penyampaian dari Ketua DPRK Sabang:

a. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan kepada pihak KIP dan Panwaslu Sabang agar segera mungkin menyelesaikan permasalahan-permasalahan dengan cepat agar tidak menjadi masalah yang lebih besar kedepan nya.

b. Jangan ada yang melakukan intimidasi kepada masyarakat sehingga masyarakat itu takut untuk memilih pada saat pemilu nantinya.

11. Penyampaian dari Ketua KIP Sabang:

a. Kami sangat berterima kasih kepada pihak Kepolisian yang mana telah membuat acara yang positif seperti pada saat sekarang ini yaitu Deklarasi Pemilu Damai Aman dan Sejuk dan ini menunjukkan bahwa sanya pihak kepolisian sudah berperan aktif sehingga membuat pikiran para pengurus partai menjadi tenang.

b. Kami tidak henti-hentinya akan melakukan dan terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pemilu.

c. Kami sangat setuju dengan pernyataan dari Ketua MAA Kota Sabang yang mengatakan tentang Fitnah yang mana saat sekarang ini kita ketahui bersama di media-media sosial banyak yang menggunakan isu-isu hoax serta fitnah yang dapat memecah belah pemersatu bangsa hanya karena kepentingan pribadi maupun kelompok.

d. Menyangkut dengan perkataan dari sdr. Jalaluddin, kami akan koopratif dan akan selalu berkoordinasi dengan pihak wartawan serta akan mengajak para wartawan untuk terjun langsung ke lapangan.

12. Penyampaian dari Ketua PWI Sabang:

a. Di pemilu nantinya saya yakin di Sabang akan damai mengingat aktifnya peran dari petugas keamanan.

b. Pada saat pemilu nantinya tidak akan menutup kemungkinan akan terjadinya politik uang, karena menurut survei di lapangan bahwasanya masyarakat lah yang terkadang menanyakan dan siap menjadi timses dengan syarat uang harus ada juga dan ini lah yang menjadi PR kita bersama.

13. Penyampaian dari Pihak Kejaksanaan Negeri Sabang:

a. Saya disini mewakili bapak Kajari yang ada tugas di Banda Aceh, dan saya sebagai salah satu anggota Gakkumdu ingin menyampaikan apabila ada setiap pelanggaran yang bapak temukan tolong sampaikan kepada pihak panwaslih ataupun kepada kami guna dikaji kebenarannya.

b. Hal hal yang dapat mengakibatkan pelanggaran pemilu tolong dihindari dikarenakan jangan sampai pemilu yang hanya dilakukan 5 tahun sekali dapat merusak kerukunan masyarakat kota Sabang yang mana kita ketahui bersama toleransi masyarakat di Sabang sangat tinggi.

14. Penyampaian dari Dandim 0112/Sabang:

a. Negara dimerdekakan oleh sekepumpulan pemuda dan setelah merdeka para sekempulan pemuda membentuk organiasi dan terbentuk lah TNI dan Polri sebagai organisasi pertahanan dan keamanan.

b. Pesan dan kesan tidak terlalu banyak panjang lebar saya sampaikan di forum ini dikarenakan unsur TNI dalam tahapan pemilu sebagai pemback up dari Polri apabila Polri membutuhkan kami siap untuk membantu Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu nantinya pada tahun 2019.

c. Apabila ada suatu permasalahan dalam pemilu marilah kita cari solusinya.

15. Penyampaian dari Kapolres Sabang:

a. Sebetulnya banyak sekali yang kita bahas dalam forum kali ini akan tetapi waktu yang tidak memungkinkan.

b. Kalau kita berbicara pemilu aman damai dan sejuk saya akan menjelaskan satu persatu apa makna aman,sejuk dan damai.

c. Terkait dengan pelanggaran-pelanggaran pemilu, itu akan diselesaikan oleh Gakkumdu sebagai penegakan hukumnya pada saat pemilu dan saya tidak bisa ikut campur dalam pelanggaran tersebut akan tetapi apabila menyangkut dengan tindak pidana maka itu adalah wewenang kami.

d. Terkait dengan intimidasi, siapa pun tidak mempunyai wewenang untuk mengintimidasi orang,siapa pun yang dipilih oleh rakyat kami selalu mendukung.

e. Permasalahan money politik saya tidak perlu memberitahukan kepada rekan-rekan sekalian siapa yang melakukan, waktu dan tempatnya, untuk itu kepada rekan-rekan semuanya sudah paham dan mengerti apa resiko dari money politik dan hindarilah cara-cara tersebut sehingga terciptanya pemilu yang sehat.

f. Deklarasi ini dilakukan sebagai ajang forum komunikasi dan silaturahmi, ajang tukar pendapat sehingga apabila ada suatu permasalahan dilapangan kita dapat menyelesaikan nya bersama-sama dan juga deklarasi ini merupakan jalan kita untuk melakukan pemilu yang aman damai dan sejuk.

g. Kita mengarapkan persaudaraan kita tidak terusik,NKRI kita tidak terusik harus aman damai dan sejuk pada pemilu tahun 2019 nantinya.

E. Pembacaan Deklarasi Pemilu Damai Aman Sejuk tahun 2019 yang dibacakan bersama sama oleh para tamu undangan.

F. Penandatanganan bersama oleh Unsur Forkopimda Sabang beserta para pengurus partai.

G. Sesi foto bersama.

H. Pembacaan doa oleh Ketua MAA Sabang sekaligus penutup acara.

Kegiatan Deklarasi Pemilu Aman dan Sejuk Pemilihan Anggota Legislatif Dan Presiden Republik Indonesia Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Polres Sabang selesai pada pukul 11.00 Wib berlangsung dalam keadaan aman dan lancar.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here