TRIBRATANEWSSABANG –¬†dalam rangka mengantisipasi Penyakit Malaria,Polres Sabang melaksanakan Sosisalisasi kepada Personil bertempat di Aula Dhira Brata Polres Sabang Senin (17/10/2016).

dalam sosialisasi ini Paur Kesehatan Polres Sabang Bripka Sugiwan mengundang Irmawati,Amd.AK sebagai pengelola program malaria Dinas kesehatan Kota Sabang.

dalam sosialisasinya Irmawati mengingatkan kepada personil bahwa mengingat musim penghujan jadi diharapkan kepada seluruh anggota polres sabang untuk selalu waspada,memahami dan tau tempat-tempat yang menjadi kembang biak Nyamuk malaria ini.selain itu,anggota juga harus tau gejala-gejala awal penyakit malaria yang ditimbulkan dan bagaimana cara pencegahannya.

Penyakit malaria sendiri disebabkan oleh parasit yang merupakan golongan plasmodium. Media utama yang menjadi penyebar penyakit ini yaitu nyamuk Anopheles betina. Nyamuk ini terinfeksi oleh parasit plasmodium dari gigitan yang dilakukan terhadap seseorang yang sudah terinfeksi parasit tersebut. Nyamuk tersebut akan terinfeksi selama satu mingguan hingga waktu makan selajutnya. Pada saat makan, maka nyamuk ini menggigit orang lain sekaligus menyuntikkan parasit plasmodium ke dalam darah orang tersebut sehingga orang tersebut akan terinsfeksi malaria.

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here