SABANG – Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Drs Unggung Cahyono, didampingi Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak, beserta rombongan tinjau persiapan pengamanan pembukaan Sail Sabang 2017, di wilayah hukum Polres Sabang.

Kapolres Sabang, AKBP Slamet Wahyudi, dalam paparan laporan Asta Gatra-nya kepada Kapolda Aceh, selain menjelaskan gambaran umum profil Kota Sabang, termasuk gelombang statistik situasi baik kerawanan maupun keamanan serta peningkatan kesadaran hukum berlalulintas untuk menekan jumlah laka lalulintas diwilayah hukumnya.

Lebih lanjut, Kapolres juga menjelaskan langkah upaya antisipasi dan persiapan pengamanan Sail Sabang yang dalam agendanya dibuka oleh Presiden RI Djoko Widodo di lokasi taman wisata Sabang Fair, meresmikan fungsi Waduk Paya Seunara, serta peresmian bangunan baru Tugu Nol Kilometer RI, di Kecamatan Sukakarya Sabang pada 28 November 2017 mendatang, rinci Kapolres.

Lebih jauh dipaparkannya, kendati pelaksana Sail Sabang belum memutuskan besaran anggaran pengamanan Sail Sabang, namun untuk pengamanan disejumlah titik kegiatan tersebut, Polres Sabang wacanakan kerahkan sebanyak 178 personil gabungan, Polda Aceh BKO-kan sebanyak  356 personil, ungkap Slamet Wahyudi, di aula Dhira Brata Polres Sabang. Kamis (6/4/2017)

Untuk rencana pengamanan Sail Sabang Kementerian Pariwisata 2017, Kapolres juga melaporkan masukan saran untuk penambahan mobil patroli, kapal patroli tipe C1, serta penambahan 3 pleton personil BKO Polda Aceh, harapnya.

Ditempat yang sama, Asops Kapolri, Unggung Cahyono, didampingi Kapolda Aceh, Rio Septianda Djambak sebelumnya mengatakan kunjungannya ke Polda Aceh dan Polres Sabang untuk menindak lanjuti pertemuan sebelumnya yang diadakan di Jakarta, tentang rencana pengamanan (Renpam) Sail Sabang 2017 di Sabang.

Dalam kaitan itu lebih jauh menurut amatannya, pagelaran Sail Sabang yang diperkirakan akan menyedot puluhan ribu pengunjung wisatawan itu, perlu dilakukan peningkatan pengamanan dan sarana pendukung lainnya serta penambahan personil.

Diantaranya disebutkan, untuk mencegah kerawanan terjadinya tindak kejahatan, Polres Sabang diminta maksimalkan fungsi Satreskrim.

Untuk rencana pengamanan VVIP, kata Unggung, sistem pengamanan nantinya akan dilakukan dengan sistem ring batasan, sedangkan untuk pengamanan di jalur penyeberangan laut, nantinya akan dilakukan pengamanan gabungan antara Pol Air Polda Aceh dengan TNI-AL Sabang.

Sedangkan, untuk menghindari keramaian dan kemacetan arus lalulintas, dipastikan nantinya ada kantong-kantong parkir disejumlah titik-titik lokasi pusat kegiatan, dan juga adanya penambahan personil BKO Polwan dan Polki Satlantas yang ramah dan humanis dari Polda Aceh.

Pertemuan Kunker Asops Kapolri dan Kapolda Aceh beserta rombongan dalam kerangka persiapan pengamanan Sail Sabang ke Polres Sabang, turut hadir Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, Kepala BPKS Sabang, Fauzi Rusli, Kadisbudpar Kota Sabang, Zulfi Purnawati (Sumber RRI Sabang)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here